Rahasia Nama Asli Jokowi‏

Penelusuran mencari nama asli Jokowi: Nama panjangnya Joko Widodo atau Herbertus Handoko Joko Widodo?

Tulisan ini karena rasa penasaran saya pada tulisan disebuah media X yang gencar sekali memberitakan Jokowi dari sudut pandangnya yang (jujur saja) agak unik karena berbeda dari pemahaman umum.

Saya melakukan pencarian di beberapa webnews dari sumber media terpercaya dan semua memanggil si bapak capres 2014 ini dengan nama Joko Widodo disingkat Jokowi. Lalu di wikipedia tertulis :
Joko Widodo atau Jokowi (lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 21 Juni 1961; umur 52 tahun)
Joko Widodo lahir dari pasangan Noto Mihardjo dan Sujiatmi Notomiharjo.
Sebelum berganti nama, Joko Widodo memiliki nama kecil Mulyono
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Joko_Widodo
Saya menganggap info ini benar. Dalam masyarakat Jawa ada mitos pergantian nama kecil ketika si anak sering sakit-sakitan. 'Kabotan jeneng' itulah alasan masyarakat jawa mengganti nama anak dengan harapan nama baru bisa membawa kesehatan dan keberkahan.

Kutipan dari http://www.vemale.com/topik/kesehatan-anak/58037-ganti-nama-mitos-mengatasi-anak-sering-sakit.html
Dijelaskan pada situs nationalgeographic.co.id, salah satu tradisi yang sampai saat ini masih ada yaitu mengganti nama si anak apabila anak sering mengalami sakit-sakitan yang tak kunjung sembuh.

Dalam budaya jawa mengganti nama sudah dilakukan oleh para nenek moyang, dengan beberapa sebab, mungkin disebabkan si anak yang terlalu bandel dan keras kepala, atau si anak dari sejak lahir terus sakit-sakitan, sehingga dianggap tidak sesuai menyandang nama tersebut.

Biasanya penggantian nama ini dilakukan tepat pada hari kelahirannya secara hitungan jawa serta diadakan selamatan untuk meminta perlindungan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta meminta agar sang anak diberi kesembuhan setelah namanya diganti.
William Shakespeare mengatakan 'what is a name?'
Tetapi sebagian besar suku bangsa masih mempercayai nama adalah doa orang tua untuk si anak sehingga dicarikan nama yang bagus untuk masa depannya.

Mungkin dahulu ada 'sesuatu' sehingga perlu diadakan bancakan untuk mengganti nama Joko Widodo dari nama kecilnya yaitu Mulyono.

Siapa Herbertus Handoko Joko Widodo?

Saat dicek di Google, nama Herbertus merujuk pada http://en.wikipedia.org/wiki/Herbertus

Herbertus is a genus of liverworts in the family Herbertaceae. The genus has a broad global distribution, including sixteen species that occur in Eurasia

Apakah Herbertus itu nama baptis?

Setiap orangtua dari agama Kristen atau Katolik, umumnya akan memberi nama anak dan nama baptis sejak bayi. Nama baptis biasanya berasal dari nama orang suci yang di-kudus-kan oleh Gereja, biasa disebut “santo / santa pelindung”. Mereka adalah orang yang mendapat mukjizat besar atau menjadi martir.

Harapan pemberian nama baptis agar si anak selalu mendapat perlindungan Tuhan dengan perantaraan dan doa orang-orang suci.

Saya tidak menemukan nama “Herbertus” sebagai nama baptis. Dalam wikipedia (http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_santo) ada lebih dari 10.000 Santo dalam Katolik Roma dan orang terberkati. Dalam Ortodoks Timur dan Ortodoks Oriental jumlah ini mungkin lebih banyak, dikarenakan tidak ada proses kanonisasi yang tetap dan tiap daerah individu dalam dua komunitas Ortodoks saling menjaga daftar Santo secara paralel.

Tidak ada nama Herbertus!

Saya mengambil kesimpulan bahwa nama asli Jokowi yaitu Herbertus Handoko Joko Widodo merupakan INFO HOAX YANG SESAT DAN MENYESATKAN sebagai BLACK CAMPAIGN menjelang Pilpres 2014.

Apalagi ketika di media sosial beredar copy buku alumni UGM 1985 sebagai berikut :

Lihat foto di atas, tertulis nama lengkapnya Joko Widodo

Rasanya tidak mungkin Jokowi mengganti nama yang akan dicetak di ijasah sarjana berbeda dengan nama di akte lahir karena perbedaan nama bisa mengganggu dan menyulitkan proses administrasi kependudukan di masa depan.

Dari beberapa sumber diketahui apabila terjadi perbedaan nama identitas di dalam ijazah harus mendapatkan pengesahan penggantian nama dari pengadilan karena identitas dalam ijasah berlaku mengikat dan tidak dapat diubah.

Ada beberapa prosedur dan mengisi formulir khusus di Kantor Catatan Sipil dan Kantor Pengadilan Negeri terdekat jika terjadi penggantian nama.

Saya tidak menemukan data / berita sidang pengadilan di webnews kalau Jokowi pernah mengajukan sidang pengesahan nama baru.

Menurut saya, Jokowi nama panjangnya adalah Joko Widodo sedangkan nama Herbertus Handoko Joko Widodo adalah BERITA HOAX FITNAH yang disebarkan oleh lawan politik untuk menjegal Jokowi dalam Pilpres 2014.

Bagaimana menurut anda?

1 Response to "Rahasia Nama Asli Jokowi‏ "

  1. Cocok sekali gan.. aku babar blass gak percaya.. masak sih Jokowi orang non islam bisa rutin solat jum'atnya dan menyukai pakai peci serta sarung. aku belum pernah lihat orang non islam suka pake sarung sama peci. dari itu dulu saya menilainya.. masih banyak hal-hal lain yang bisa membuktikan bahwa Jokowi Islam tulen ... alias Asli...
    Thank's gan setelah baca penjelasan ini pikiranku makin terbuka bahwa ini hanya akal-akalan dari lawan politiknya. Semoga yang sudah terpengaruh berita buruk ini bisa kembali terbuka pikirannya dan bisa menemukan kebenaran... amiin.

    ReplyDelete