Trik Bisnis Shampoo : Serupa Tapi Tak Sama‏

Saya menemukan pengalaman menarik saat ingin membeli shampoo, lihat gambar berikut :

Ada 2 macam jenis/ merk shampoo yang mempunyai harga sama tetapi beda cara menjual ke konsumen. Penyampaian harga berbeda bisa mempengaruhi keputusan konsumen sebelum menentukan pilihan.

Shampoo 1 : ZINC
Mengusung tagline :
Clean & Active
Bersih sehat & Wangi lebih lama
99% KETOMBE BERKURANG
40% EXTRA dijual Rp 250,- per sachet

Shampoo 2 : Lifebuoy
Mengusung tagline :
ANTI - DANDRUFF
SHAMPOO RAMBUT LEBAT
Untuk 2X KERAMAS dijual pasangan Rp 500,- isi 2 sachet
Rambut tetap kuat dan lebat

Bagi saya, MENARIK!
Zinc dijual Rp. 250 per sachet, kalau beli 2 sachet membayar Rp 500,-
Lifebuoy dijual Rp. 500 isi 2 sachet jadi harganya Rp 250,- per sachet

SERUPA TAPI TAK SAMA

OUT OF TOPIC ...
  • Menurut anda, saat ini berapa nilai mata uang pecahan Rp 500 ?
  • Barang apa yang bisa dibeli dengan uang Rp 500?
  • Jika kita membeli barang seharga Rp 250 dengan membayar menggunakan pecahan Rp 500, kira-kira ... apakah penjual ada kesulitan untuk memberikan uang kembalian Rp 250 yang terdiri dari pecahan Rp 100 dan Rp 50 ke pembeli?
Jujur saja, jika posisi saya sebagai penjual maka saya lebih enak menjual barang seharga Rp 500 walaupun isinya produk pasangan karena urusan uang receh sering membuat kebingungan sehingga banyak penjual yang menggantikan posisi uang resmi dengan permen untuk mempermudah transaksi jual beli.

Sedangkan jika sebagai pembeli/ konsumen, saya akan merasakan ada faktor psikologis lebih murah membayar Rp 500 karena ada kesan 'mendapat barang bonus'. Selain itu saja juga tidak mau menerima permen sebagai ganti uang receh karena saya meragukan kualitas dan batas kedaluarsa permen tersebut untuk dikonsumsi. Biasanya permen hasil kembalian jual beli selalu berakhir di tempat sampah alias saya buang daripada menderita sakit perut kalau harus mengkonsumsinya.

Ini sih pendapat saya pribadi, bagaimana dengan anda? Pilih membeli shampoo yang mana? Apa alasannya?

*DISCLAIMER : postingan ini BUKAN PESAN SPONSOR hanya sekedar berbagi rasa

0 Response to "Trik Bisnis Shampoo : Serupa Tapi Tak Sama‏ "

Post a Comment