Bibit Adenium atau Kamboja Jepang‏

Di sebuah tempat (yang saya lupa namanya), ada penampakan kebun pembibitan Adenium atau Kamboja Jepang. Ternyata penghobi tanaman hias ini masih banyak sehingga petani bibit mau membudidayakannya untuk mencukupi permintaan pasar konsumen.

Saya ingat di tahun 2004-2005 Adenium atau Kamboja Jepang menjadi tren dan banyak diburu orang karena nilai ekonomisnya yang tinggi. Harga mahal adalah magnet penarik bagi para spekulan yang ingin mendapatkan keuntungan walaupun sesungguhnya mereka tidak hobi dan tidak mengerti teknik budidaya atau merawat bunga cantik ini.

Kini, sepertinya harga Adenium atau Kamboja Jepang mendekati normal dan tidak terlalu menghebohkan karena tidak ada (atau belum ada?) 'tukang goreng' yang menaikkan nilai jual belinya diatas kewajaran.

Permintaan tetap ada dan penjual berusaha memberikan produk yang dicari pasar. Hukum dagang berlaku dengan cara-cara normal tidak berlebih-lebihan.

Mungkin, anda bisa mempertimbangkan Adenium atau Kamboja Jepang sebagai sebuah pilihan bisnis yang menarik. Peluang pasar masih terbuka tetapi dibutuhkan kesabaran untuk membuat kebun pembibitan. Konon, Perputaran uang di dunia ini cukup lumayan untuk memenuhi kebutuhan belanja keluarga.

Mau?

0 Response to "Bibit Adenium atau Kamboja Jepang‏ "

Post a Comment